SEHAT: “Model Terapi Ikan Nilem (Osteochilus hasseltii) di Taman Wisata Matahari (TWM)”


TANPA TERLUKA !: TERAPI IKAN DI KOLAM CERIA DENGAN ISAPAN MULUT IKAN (BUKAN GIGITAN IKAN, KARENA MULUT IKANNYA TIDAK BERGIGI)

Oleh: Agus H. Tjakrawidjaja

Berjamaah Terapi Ikan Kesehatan dengan isapan-isapan mulut ikan (bukan dengan gigitan ikan, karena jenis ikannya tidak bergigi)

Akhir-akhir ini banyak bermunculan tempat-tempat rekreasi untuk sekedar hiburan, melepaskan lelah dan menghilangkan suntuk dan rasa bosan dari rutinitas kerja, sekaligus menghibur putra-putrinya, terutama dimasa liburan. Sementara berbagai pemelihara kesehatan dan pengobatan selalu terus dicari dan dicari. Apakah kedua fenomena ini dapat dipadukan bersama secara sinergis. Jawabannya teryata bisa. Perpaduan rekreasi sambil memelihara kesehatan di alam yang indah dan nyaman telah tercermin di kolam-kolam terapi ikan yang diselenggarakan di alam terbuka (outdoor). (AHT)

Di Tempat Wisata Kolam Pemandian Cigugur, Kabupaten Kuningan dan di Taman Wisata Matahari (TWM) adalah dua lokasi terapi ikan yang padat pengunjung. Pengunjung telah banyak setiap harinya memanfaatkan jasa terapi ikan di kedua lokasi Wisata alam tersebut. Kolam-kolam di kedua lokasi ini dapat lebih tepatnya dikatakan dengan Kolam Ceria, karena orang yang sedang terapi ikan nampak senang, tertawa-tawa dan begitu selesai terapi, umumnya mengakui hebatnya terapi ikan nilem ternyata lebih mantap dibanding dengan jenis ikan terapi lainnya.

Model terapi ikan dikedua lokasi tersebut ternyata banyak diminati orang dari berbagai strata umur dan lapisan, peminatnya mulai dari anak-anak, remaja, Ibu-Ibu, Bapak-Bapak, tua-muda, bahkan Balita sekalipun. Begitu juga semua lapisan ikut bergembira menikmati kolam Ceria ini, mulai kalangan atas, menengah sampai kalangan masyarakat bawah. Tidak heran setiap harinya pengunjung yang menggunakan jasa ini betul-betul membludak tidak henti-hentinya, sampai-sampai pengunjung sering tidak tertampung dengan fasilitas yang ada. Di Kuningan tepatnya di pemandian Cigugur orang datang dari berbagai plosok, dari berbagai kota, berbagai daerah, bahkan dari luar Pulau, berdatangan hanya untuk di Terapi ikan. Khusus di TWM walaupun baru buka mulai 5 Juni 2010, ternyata pengunjung setiap hari rata-rata telah mencapai jumlah diatas 600 orang, bahkan dihari-hari libur atau Sabtu – Minggu dapat mengcapai angka lebih dari 1.500 orang, jumlah pengunjung yang begitu banyak tersebut sungguh merupakan suatu angka yang pantastis. Data tersebut diatas sekaligus menujukan peluang bisnis yang berprosfek, dengan jumlah yang sebegitu besar dan segmen pasar yang begitu luas, betul-betul sangat menjanjikan untuk berbisnis dibidang rekreasi alam yang dipadukan dengan nuansa kesehatan ini (AHT: 2010).


 

 

Padat pengunjung


JENIS IKAN TERAPI TERBAIK DAN TERAMAN.

Umumnya Jenis ikan dari kerabat (Familia) Cyprinidae, seperti ikan nilem dan Garra rufa di mulutnya tidak bergigi. Namun ikan cincin (mujaer) jelas bergigi. Sebaiknya waspadailan ikan-ikan yang bergigi. Lihat artikel khusus Jenis Ikan Terapi Terbaik dan Aman di website ini, ketik : Jenis Ikan Terapi Terbaik dan Aman (AHT).

Popularity: 38% [?]

Lihat Artikel Lainnya:

  1. SEHAT: “Terapi Isapan Ikan Nilem dI Taman Wisata Matahari (TWM)”

2 Responses to "SEHAT: “Model Terapi Ikan Nilem (Osteochilus hasseltii) di Taman Wisata Matahari (TWM)”"

  • dipa says:
  • ikantera says: